1. Tahfidz

>>  Tujuan: Menghafal Al-Qur’an 30 juz dengan tajwid yang baik dan benar.
> Metode:
  1. Tahsin: Santri memperdengarkan bacaan Al-Quran yang ingin dihafal ke ketua firqoh masing-masing untuk dikoreksi.
  2. Setoran Hafalan Baru: Ayat yang sudah dikoreksi dihafal mandiri dan disetorkan ke ustadz pembina tahfidz.
  3. Tikror: Mengulang hafalan baru minimal 20 kali dengan dan tanpa membuka mushaf.
  4. Murojaah: Mengulang hafalan secara berkala untuk menjaga hafalan.

"Satu Huruf Satu Kebaikan"

> Kurikulum:
  1. Manhaj Salaf: Menekankan pada hafalan Al-Qur’an dan ilmu-ilmu agama dasar yang sesui dengan manhaj salaf.
  2. KMI Gontor: Mengintegrasikan hafalan Al-Qur’an dengan ilmu pengetahuan umum dan bahasa asing.
> Kegiatan:
  1. Tahfidz pagi dan siang: Menghafal Al-Qur’an di waktu pagi dan siang hari.
  2. Muroja’ah: Mengulang hafalan secara mandiri dan didampingi.
  3. Pengajian kitab kuning: Mempelajari ilmu-ilmu agama dasar setiap malam setelah shalat magrib sampai isya.
 

2. Languages

>>  Tujuan:  Menguasai bahasa Arab dan Inggris secara aktif dan pasif.
> Metode:
  1. Pembelajaran bahasa komunikatif: Menekankan pada kemampuan berbicara dan memahami bahasa.
  2. Penggunaan bahasa secara langsung: Berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris di lingkungan pondok, di mingguan masing-masing (mingguan bahasa Arab dan Mingguan bahasa Inggris).
  3. Pembelajaran: Semua kitab pembelajaran menggunakan bahasa Arab dan Inggris, latihan pidato tiga bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.

“Kuasai bahasa, dekati impianmu.”

> Kurikulum:
  1. Manhaj Salaf: Menekankan pada bahasa Arab sebagai bahasa agama.
  2. KMI Gontor: Mengintegrasikan bahasa Arab dan Inggris dengan ilmu pengetahuan umum yang relevan sesui dengan perkembangan zaman saat ini.
> Kegiatan:
  1. Pembelajaran bahasa Arab dan Inggris: Mempelajari bahasa Arab dan Inggris di kelas. (Semua kitab menggunakan bahasa Arab dan Inggris)
  2. Percakapan bahasa Arab dan Inggris: Berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris di lingkungan pondok, dalam mingguan bahasa Arab dan Mingguan bahasa Inggris.
  3. Klub bahasa: Berlatih berbicara bahasa Arab dan Inggris dengan native speaker.

3. Organisasi

>> Tujuan: Mengembangkan kepemimpinan, kerjasama, dan kemandirian santri.

> Metode

  1. Pembentukan organisasi santri: Membentuk organisasi santri dengan berbagai bidang.
  2. Pelatihan kepemimpinan: Memberikan pelatihan kepemimpinan kepada santri.
  3. Pemberian tanggung jawab: Memberikan tanggung jawab kepada santri dalam mengelola organisasi.

> Kurikulum:

  • Manhaj Salaf: Menekankan pada kepemimpinan dan kerjasama dalam organisasi Islam.
  • KMI Gontor: Mengintegrasikan kepemimpinan dan kerjasama dengan pengembangan karakter dan soft skills.

> Kegiatan:

  • Kegiatan organisasi santri: Mengikuti kegiatan organisasi santri di berbagai bidang.
  • Latihan kepemimpinan: Mengikuti pelatihan kepemimpinan yang diadakan oleh pondok.
  • Bakti sosial: Mengadakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat.
  •  

4. Keguruan

>> Tujuan: Mempersiapkan santri menjadi guru atau dai yang kompeten dan berakhlak mulia.

> Metode

  • Pembelajaran ilmu keguruan: Mempelajari ilmu keguruan dan pedagogi.
  • Praktik mengajar: Melatih mengajar di kelas menggunakan dua bahasa Inggirs dan Arab.
  • Pengabdian masyarakat: Mengajar di masyarakat sekitar pondok.

> Kurikulum:

  • Manhaj Salaf: Menekankan pada ilmu keguruan dan pedagogi Islam.
  • KMI Gontor: Mengintegrasikan ilmu keguruan dan pedagogi dengan ilmu pengetahuan umum dan teknologi.

> Kegiatan:

  • Pembelajaran ilmu keguruan: Mempelajari ilmu keguruan dan pedagogi di kelas.
  • Praktik mengajar: Melatih mengajar di kelas lingkungan pondok.
  • Pengabdian masyarakat: Mengajar di masyarakat sekitar pondok.

Kesimpulan

Empat program pendidikan di atas memadukan konsep pendidikan saat ini dengan Manhaj Salaf x KMI Gontor. Perpaduan ini bertujuan untuk menghasilkan santri yang hafal Al-Qur’an, menguasai bahasa Arab dan Inggris, memiliki jiwa kepemimpinan, dan siap menjadi guru dan dai yang kompeten dan berakhlak mulia, sebagai bekal bagi mereka kembali ke masyrakat masing-masing. 

“Iman bertumbuh dengan ilmu agama.”

Islamic Boarding School “Education For Better Leader”

Newsletter

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.

Copyright © Ponpes Imam At-Thabari